iklan iklan iklan bandar sbobet

The Last Exorcism

The Last Exorcism    

PG-13 87 min BaratDramaHorrorThriller

5.6
IMDB: 5.6/10 41,784 votes

, , ,

7 wins & 10 nominations.

France, USA

193

Report error

Last Exorcism Dari deretan film horor buatan Hollywood, ada dua kategori besar film horor. Film dengan tema slasher seperti I Know What You Did Last Summer, Freddy The Nightmare, Freddy vs Jason yang banyak bersimbah darah dan film dengan hantu yang cukup menakutkan seperti Poltergeist, Insidious dan The Ring. Nah, ada satu lagi tema dalam kategori hantu yang sering dilayarlebarkan, yaitu tema kerasukan dan pengusiran hantu alias exorcist.

Last Exorcism Ada beberapa judul film yang terkenal dengan tema ini. Misalnya yang terbaru adalah The Conjuring yang mengisahkan ibu rumah tangga yang kerasukan roh jahat untuk membunuh anak perempuannya. Ada juga Emily sebagai korban kerasukan yang akhirnya meninggal. Dan masih banyak judul lainnya. Film bertemakan sejenis yang saya tonton adalah The Last Exorcism Part 2. Kenapa ada tambahan 2 pada judulnya? Oh rupanya saya baru tahu jika ada sekuel film The Last Exorcism yang saya tonton tiga tahun silam. Padahal saya sudah menganggap ending film pertama sudah cukup cerdas karena memiliki twist dan ending cerita yang tragis.

Last Exorcism Saya bocorkan jalan cerita film pertama sebelum bercerita ke film sekuelnya. Karena ini bukan film lama, seperti sah saja jika ulasan ini penuh spoiller hehehe. Secara garis besar ceritanya berkutat pada jasa ritual pengusiran setan yang dilakukan oleh agen ‘ghostbuster’ yang terdiri dari seorang pendeta, Cotton Marcus, dan dua krunya. Meskipun si pendeta sering melakukan ritual ini ia sebenarnya tidak percaya akan adanya setan. Ia hanya melakukan aksi pura-pura. Ia yakin dengan trik-trik khusus ia dapat meyakinkan kliennya bahwa setan atau roh jahat dalam tubuhnya telah pergi. Dan ia memang ahli dalam memberikan sugesti kepada para kliennya sehingga usahanya terbilang laris.

Suatu saat ia ingin sempat terpikir untuk berhenti menjalankan usahanya tersebut. Namun melihat kondisi putra satu-satunya yang memerlukan biaya besar untuk pengobatan, ia pun rela berkunjung ke sebuah daerah pelosok bersama krunya untuk melakukan jasa ritual pengusiran setan.

Kliennya adalah sebuah keluarga Sweetzer, yang terdiri dari bapak dan dua anak, laki-laki dan perempuan. Si bapak mencurigai anak gadisnya, Nell, kerasukan oleh roh jahat. Si Nell adalah gadis remaja yang sederhana dan ceria. Tidak ada sosok jahat dalam kesehariannya. Yang malah jahat adalah sosok kakak laki-lakinya, Caleb, yang tidak bersikap ramah kepada rombongan pendeta. Agar permasalahan cepat tuntas dan mereka bisa kembali ke rumah, kelompok tersebut segera melakukan trik khusus dan selesai. Aksi tersebut mereka rekam dengan kamera.

Selesai?! Rupanya kali ini trik mereka gagal sama sekali. Dan yang membuat mereka malu, aksi ini dipergoki oleh si kakak laki-laki. Trik mereka memang hebat namun gadis tersebut memang benar-benar kerasukan oleh setan bernama Abalam. Setan ini sangat kuat sehingga membuat si pendeta akhirnya percaya dengan adanya setan. Ia pun mencoba mengingat-ingat pengusiran setan yang pernah diajarkan di gereja.

Tapi ada kalanya mereka ragu, apalagi ketika mereka menyadari si Nell rupanya hamil dan anehnya tidak ada yang tahu siapa ayah calon bayi tersebut. Akhirnya mereka berkesimpulan si Nell memiliki kepribadian ganda karena trauma dengan pemerkosaan. Dan mereka menduga pelakunya adalah pemuda yang ada di desa tersebut. Ayah Nell yang awalnya tertutup pun pasrah dengan berita yang ia terima dan kemudian mencoba kembali bersahabat dengan penduduk dan pendeta gereja setempat. Kasus pun ditutup, tiga kru tersebut hendak pulang dengan kesimpulan tersebut.

Bagian penutupnya ini yang mencengangkan. Rupanya pria yang diduga memerkosa Nell adalah gay. Pendeta dan dua krunya pun sangat terkejut dan memutuskan untuk kembali ke rumah Nell. Di sana mereka menjadi saksi mata sebuah ritual aneh, dimana ayah Nell digantung dan Nell melahirkan bayi dengan prosesi yang menyeramkan. Ketika rombongan tersebut ketahuan, mereka pun dibunuh secara sadis oleh para penduduk desa yang rupanya semuanya terlibat dalam ritual aneh.

Meskipun ceritanya ditutup mengenaskan saya acungi jempol karena tidak seperti kisah horor lainnya yang berakhir happy ending. Saya cukup puas dengan film tersebut apalagi akting pemeran Nell, Ashley Bell, sangat bagus. Ia berhasil mentransformasi wajahnya saat menjadi gadis desa sederhana dan ketika ia kerasukan dan mampu membengkok-bengkokan badannya.

Eh rupanya ada lagi kelanjutannya dengan embel-embel part 2. Kisahnya memang kelanjutan film pertama dengan ditemukannya Nell di sebuah apartemen. Ia korban dari sebuah kebakaran besar dimana hanya ia yang selamat. Ia kemudian ditampung di sebuah rumah bagi gadis bermasalah dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya. Permasalahan mulai mengusik ketika ia mendapat pesan melalui radio yang menyala sendiri dan telepon yang memberitahukan dirinya bahwa ia diikuti dan tidak bisa lepas dari Abalam. Dan yang memprihatinkan, video rekaman pendeta ditemukan seseorang dan kemudian diluncurkan di youtube yang membuat seisi kota penasaran akan gadis tersebut. Bagaimana nasib Nell selanjutnya?

Karena saya sudah menonton bagian pertama, sekuelnya ini sangat datar. Tidak ada aksi-aksi menyeramkan atau bagian menegangkan seperti film pertamanya yang membuat saya mengalihkan mata dengan berpura-pura mengetik SMS. Akting Nell, yang kembali diperankan Ashley Bell, sebagai gadis desa yang baru masuk kota memang apik, namun pemeran lainnya hanya seperti tambalan cerita. Jalan ceritanya pun nampak ‘maksa’ apalagi ketika ada adegan seorang pria paruh baya mengejar Nell untuk berfoto bersama setelah video Nell tersebar luas. Sepertinya pembuatnya hanya ingin meraup pundi-pundi uang karena film horor di Amerika terbukti menjadi mesin uang yang efektif. Ya, filmnya lagi-lagi dibuat mengambang sehingga potensial untuk dibuat kelanjutannya. Mudah-mudahan sekuel berikutnya adalah sekuel terakhir, tidak seperti film Paranormal Activity yang sudah lima sekuel dan belum tamat juga.

The Last Exorcism
The Last Exorcism
The Last Exorcism
The Last Exorcism
No links available
No downloads available

Related movies